Bahaya Ragi Tape Bagi Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil memang diharuskan untuk menjaga asupan makanan. Banyak makanan yang perlu dihindari oleh ibu yang sedang hamil, Pada umumnya makanan yang mempunyai kandungan asam absirat, alkohol, dan merkuri ini sangat dilarang sekali untuk dikonsumsi oleh ibu yang hamil.

Ibu hamil sangat dilarang sekali untuk mengonsumsi durian dikarenakan bau dari buah durian ini memiliki kandungan alkohol. Tidak hanya dilarang mengonsumsi durian saja, Ada juga makanan yang sangat dilarang keras bagi ibu hamil yaitu Tape.


Tape adalah makanan hasil dari fermentasi, hasil dari fermentasi ini menggunakan mikroorganisme yang berupa seperti ragi. Sudah kita ketahui bahwa dinegara kita ini tape merupakan makanan yang sangat populer. Tape yang sudah terkenal di tanah air ini memiliki dua jenis yaitu tape ketan juga tape singkong.

Melihat dari proses pengolahannya yang melalui fermentasi karbohidrat ini, tentu tape tersebut memiliki kandungan alkohol. Semakin lama pengolahan dari proses fermentasinya, maka akan semakin tinggi kandungan alkohol didalam tape. Bagi ibu yang sedang mengandung, rendah ataupun tingginya kadar alkohol di dalam makanan, tetap saja ibu yang hamil tidak diperbilehkan untuk mengonsumsi makanan dan juga minuman yang memiliki kandungan alkohol.

Faktor resiko ibu hamil yang sering mengonsumsi ragi tape ini akan menyebabkan foetal alcohol spectrum disorder pada sang bayi yang sedang di dalam kandungan. Wanita yang sedang hamil ditrimester akhir mengonsumsi tape akan dapat meningkatkan resiko menjadikan bayi lahir dengan tidak normal (Cacat).

Ragi tape yang memiliki kandungan alkohol bila dikonsumsi oleh ibu hamil maka kandungan alkohol itu akan mengalir melalui plasenta dan akan masuk ke dalam sistem tubuh janin dan akan sangat secap sekali mengancam kesehatan fungsi hati pada janin.

Baca Juga : Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Ibu Hamil

Bayi yang masih didalam kandungan ibu hamil, kadar alkohol yang terkandung di ragi tape ini akan dapat menghambat pertumbuhan bayi. Oleh sebab itu ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak dulu untuk mengonsumsi ragi tape sebelum bayinya lahir.

Ragi tape ini bisa dikonsumsi oleh bayi, akan tetapi bayi ini harus berusia 2 atau 3 tahun ke atas, dikarenakan ragi tape ini terbilang keras terhadap pencernaan. Makanan bayi seperti tape ini memang sangat disukai oleh anak-anak karena teksturnya yang empuk dan rasanya yang sangat manis. Namun perhatikan juga agar tidak untuk terlalu banyak memberikan makanan tape ini.

Sebaiknya ibu yang sedang hamil tidaklah untuk mengonsumsi ragi tape, dikarenakan sangat menghawatirkan sekali terhadap kesehatan janin yang sedang didalam kandungan.

0 Response to "Bahaya Ragi Tape Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment