Bahaya Makan Pedas Bagi Ibu Hamil

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para ibu yang sedang hamil. Wanita yang sedang hamil sering menanyakan apakah boleh makan-makanan yang pedas ?.


Di tanah air kita ini banyak sekali masakan yang mengusung rasa pedas. Rasa yang khas menggugah selera dengan bumbu dapur seperti rempah akan memberikan rasa yang sangat lezat di lidah yang mungkin tidak akan anda ditemui makan-makanan khas indonesia di negara lain. Apalagi sekarang ini  makanan yang pedas menjadi sangat booming di masyarakat indonesia. Mulai dari mie dengan bumbu pedas, kripik bumbu pedas hingga makan berat dengan bumbu yang pedas. Di negara indonesia ini sangat mudah sekali untuk anda mendapatkan makan-makanan yang pedas seperti di pasar, warung-warung dekat, pinggir jalan, dan lain sebagainya.

Yang mejadi pertanyaannya apakah boleh ibu hamil makan-makanan pedas, yang tentunya kondisi tubuh tidak sama ketika sebelum hamil, mungkinkah tetap aman untuk ibu hamil mengonsumsi makanan pedas ?.

Bahaya Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil


bahaya makanan pedas untuk ibu hamil yang perlu anda waspadai saat ini ada 3 macam diantaranya adalah :

  • Rasa Mulas

Pengaruh dari makanan pedas pada wanita yang sedang hamil akan berbeda satu dengan wanita hamil lainnya.
Pada beberapa wanita yang sedang hamil bisa jadi tidak akan mengalami gejala apa-apa disaat sedang mengonsumsi makanan pedas, Namun kejadiannya berbeda dengan wanita hamil lainnya , seperti rasamulas yang timbul saat sedang maupun setelah mengonsumsi makanan pedas tersebut.

  • Diare

Bagi ibu hamil yang mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan kemungkinan besar akan menyebabkan diare. Jika hal ini terus menerus terjadi maka ibu yang sedang hamil akan mengalami dehidrasi. Disinilah bahaya pada ibu dan janin akan mengintai anda. Usahakan jika ibu hamil mengalami diare, perbanyaklah untuk meminum air putih untuk menghindari dehidrasi.

  • Kontraksi (Meningkatkan Jumlah Pelepasan Prostaglandin)

Pada ibu hamil, mengonsumsi makanan yang pedas dengan jumlah yang banyak bisa memicu terlepasnya hirmone prostagladnin. Pelepasan Prostaglandin dengan jumlah yang tinggi akan mendorong otot-otot halus sehingga terjadilah kontraksi. kemungkinan besar hal ini akan sangat mengganggu.


Itulah seputar jawaban dari pertanyaan yang sedang marak diomongkan oleh ibu hamil tentang bahaya makan pedas bagi ibu hamil. Jadi kesimpulannya sebaiknya bagi anda yang suka mengonsumsi makanan pedas disaat hamil cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit.

0 Response to "Bahaya Makan Pedas Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment